Apa Itu Santet? Santet Adalah ….

Apa Itu Santet? Santet adalah ...

Banyak sekali yang tidak percaya dan akan sulit sekali untuk mempercayainya terhadap masalah yang satu ini, yaitu santet. Saya yakin anda juga begitu. Tapi hal itu akan berubah jika anda atau salah satu dari keluarga anda mengalaminya sendiri atau paling tidak mengetahui atau menyaksikan proses penyembuhannya. Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena permasalahan santet ini sangat sulit sekali untuk menemukan referensi untuk membenarkan hal tersebut. Lalu, apakah penjelasan mengenai soal dunia persantetan ini tidak akan pernah bisa menyentuh wilayah rasionalitas gaya pikir manusia yang terbatas ini?

Ada banyak sekali penjelasan mengenai hal santet ini yang semuanya seakan akan hanya dapat menjelaskan sebagian kecil dari misteri santet itu sendiri.
Di bawah ini ada beberapa pendapat dari beberapa tokoh mengenai santet, yang diharapkan dapat memberikan sedikit gambaran atau paling tidak dapat mengobati rasa penasaran kita tentang definisi santet. Tokoh-tokoh yang saya ambil pendapatnya ini memang berkecimpung di bidang yang tak jauh-jauh amat dari hal-hal yang berbau klenik seperti santet yang sedang kita bahas ini.

Menurut Permadi, S.H. seorang paranormal yang juga berprofesi sebagai seorang politisi senior. Ini salah satu pendapatnya tentang santet. Katanya, ”lho, santet itu barang ilmiah. Cara kerjanya adalah mengikuti prinsip hukum dematerialisasi dan meterialisasi, yakni proses perubahan materi menjadi non materi dan non materi menjadi materi.”

Materi atau benda apapun seperti jarum, paku, ijuk, pecahan kaca, atau rambut yang biasa untuk dipakai menyantet orang, kata Permadi, tidak bisa masuk ke dalam tubuh orang tanpa melukai. “supaya bisa masuk, materi itu diubah dulu menjadi non materi atau energi yang tidak kelihatan. Lalu dengan bantuan kekuatan supranatural yang dipunyai si dukun atau si paranormal energi tersebut dikirim menuju ke sasaran. Kekuatan supranatural itu bisa berupa tenaga dalam, kekuatan batin, atau kemampuan untuk meminta bantuan makhluq halus. Kalau sudah berupa energi, logikanya tentu bisa menembus segala macam benda seperti tembok, kayu, termasuk tubuh manusia. Setelah diubah menjadi materi kembali di dalam tubuh, benda-benda itulah yang menganiaya atau menghilangkan nyawa korban (sasaran).” Teori dematerialisasi dan materialisasi ini, katanya, suatu istilah yang disimpulkan dari fakta-fakta empiris.” Pada kenyataannya benda yang akan dipakai untuk menyantet itu dilenyapkan. Ini ‘kan mengikuti teori dematerialisasi, proses perubahan materi yang kelihatan menjadi energi yang tidak kelihatan? Lalu energi itu termasuk golongan energi berupa panas, cahaya, listrik, atau energi apa?” Maaf, karena disiplin ilmu saya bukan ke sana jadi saya nggak ngerti. Yang nyata, itu perubahan dari materi menjadi non materi.”

Dengan bahasa yang lain. Lukman Handoyo, seorang pastur berkebangsaan Belanda yang bertugas di Purworejo Jawa Tengah,  dan juga menekuni dunia supranatural lewat caranya sendiri, menyatakan, “Proses santet itu bisa dilogikakan sebagai semacam proses elektrodinamika, bukan kekuatan setan, itu ilmiah.” Tuturnya. Jadi mengikuti pemahaman Romo Lukman, energi itu barangkali berupa energi listrik.
Manusia tertentu, katanya, punya potensi mengubah materi menjadi energi, dan dengan kemampuan tertentu pula energi itu dikirimkan ke tubuh korban lewat proses elektrodinamika. Karena pada dasarnya tubuh manusia mengandung muatan-muatan listrik, korban akan tidak kuat menahan kiriman energi yang mengenai tubuhnya. Oleh karena itulah korban menjadi sakit.

Memang pendapat orang mengenai definisi soal santet berbeda-beda. Mereka masing-masing punya pendapat sendiri-sendiri ada yang bilang yang masuk ke dalam tubuh korban atau sasaran teluh bukan materi, tapi energi. Yang lain berpendapat itu hanya sugesti yang dikirimkan lewat kekuatan telepati. Ada juga yang menyatakan itu memang materi sehingga bisa dikeluarkan. Semua kembali kepada masing-masing pribadi, sesuai dengan pemahaman dan pengalamannya masing-masing.

Bersambung.
Dari berbagai sumber.



Apa Itu Santet? Santet Adalah …. | Pintu Sehat21 | 5

0 komentar:

Posting Komentar